12kaos

We care with your T-shirt Ideas

Sablon Kaos dengan Tinta Extender untuk Hasil Akhir yang Halus Sempurna

2 min read

Secara umum tinta sablon dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe transparant dan timbul.  Tipe transparant biasa digunakan untuk kaos dengan warna terang seperti putih, kuning dll.  Salah satu jenis tinta transparant adalah tinta extender.  Sablon kaos dengan tinta extender menghasilkan gambar pada permukaan kain yang rata.  Dan ketika digunakan untuk mencetak pada warna terang akan memperlihatkan design yang jelas dan nyata. Tinta Extender merupakan jenis tinta transparan yang banyak digunakan untuk aplikasi sablon pada kain berwarna putih. Jenis tinta ini juga sering digunakan untuk keperluan sablon separasi empat warna (CMYK) pada kaos warna putih.  Hasil sablon kaos dengan tinta extender memiliki karakteristik yang sangat lembut.  Meski begitu, jenis tinta ini tidak cocok untuk aplikasi pada kaos dengan warna gelap.  Karena campuran tinta extender tidak mampu melekat kuat di permukaan lapisan underbase.

Namun jika Anda menyablon dengan warna tinta yang lebih tua daripada warna dasar kaos, maka jenis tinta ini bisa saja digunakan.  Misalnya ketika Anda menggunakan kaos berwarna dasar abu-abu muda dan ingin mencetak dengan tinta warna abu-abu tua pada permukaan kain tersebut.  Maka penggunaan tinta extender akan memberikan hasil sablon yang sangat bagus dan lebih lembut jika dibandingkan dengan penggunaan tinta rubber color.

Tinta extender memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tinta transparant, dimana jenis tinta ini banyak digunakan untuk proses separasi warna.  Namun jika dibandingkan dengan tinta transparant, jenis tinta extender memberikan hasil cetak yang lebih lembut karena mampu menyerap ke dalam pori-pori kain secara maksimal.

Pada dasarnya tinta extender atau tinta sablon medium memiliki fungsi yang hampir sama dengan tinta pelapis atau coating sebagai sentuhan akhir penyablonan.  Namun begitu, karakteristik tinta extender yang kurang pekat tidak mampu menutup warna yang kuat.  Itulah mengapa jenis tinta ini hanya cocok diaplikasikan pada bahan kaos berwarna putih atau warna terang lainnya.  Kelebihan tinta extender terletak pada sifat tinta yang mampu menyerap sempurna sehingga memberikan hasil sablon yang lembut dan tidak terlalu timbul.

Dengan karakterstik tinta extender yang transparant dan mampu menyerap sempurna pada permukaan kain.  Maka hasil sablon kaos dengan tinta extender akan terlihat seperti kain yang di cap karena warna tinta menyatu dengan kain tersebut.

Meskipun proses penyablonan menggunakan tinta extender hampir sama dengan cara penyablonan tinta rubber, namun penggunaan tinta extender membutuhkan screen yang lebih halus.  Selain itu penggunaan tinta extender tidak mudah menimbulkan sumbatan pada screen.  Proses penyablonan tinta extender dimulai dengan warna gelap dulu baru kemudian ke warna terang.

Perlu diketahui jika sudah dicampur dengan pewarna maka tinta extender tidak bisa bertahan lama.  Hal ini bisa ditandai dengan kerusakan pada pasta tersebut, seperti kondisi pasta yang mulai mencair.  Jika tetap digunakan untuk mencetak, akan menyebabkan warna mudah luntur dan tidak awet.

Hasil akhir penyablonan sangat tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis bahan kaos yang digunakan, proses penyablonan dan juga tinta yang digunakan.  Penggunaan tinta sablon dengan komposisi yang tepat dan pas akan menghasilkan hasil sablon yang berkualitas dan awet.  Sablon kaos dengan tinta extender akan terlihat sempurna jika dipakai untuk sablon dengan kaos berbahan katun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©12kaos.com | Newsphere by AF themes.
1
Halo kakak, ada yang bisa saya bantu?
Powered by