12kaos

We care with your T-shirt Ideas

Sablon Kaos dengan Tinta Sugar Glitter untuk Efek Gemerlap yang Memukau

3 min read

Dalam dunia sablon kaos dikenal beberapa jenis tinta yang mampu memberikan efek tertentu pada kaos, seperti misalnya efek timbul, tiga dimensi atau efek gemerlap.  Untuk efek gemerlap, jenis tinta yang digunakan adalah sugar glitter.  Ciri khusus dari tinta ini adalah bentuknya yang menyerupai serbuk gula dengan berbagai macam ukuran sesuai aplikasi yang diinginkan.  Proses sablon kaos dengan tinta sugar glitter membutuhkan beberapa tahap, seperti berikut ini.

Tahap pertama adalah mencetak tinta MT binder sebagai media untuk merekatkannya.  Kemudian taburkan serbuk sugar glitter sebelum tinta MT tersebut mengering.  Bisa menggunakan kain screen berukuran standart seperti T-48 atau T-54.

Tahap selanjutnya adalah menggunakan hot press bersuhu 150 derajat Celsius selama kurang lebih 10 detik saja.  Selain menggunakan tinta binder sebagai media perekat, Anda juga bisa menggunakan tinta plastisol high density clear gel.  Dimana tinta ini akan memiliki daya cuci yang lebih baik.

Selain cara penyablonan tersebut, sablon kaos tinta glitter juga bisa dilakukan dengan cara mencampurkan langsung glitter bersama bahan perekat.  Biasanya menggunakan kain screen yang sangat kasar, seperti T-12 SL.

Jika dilihat dari komposisi bahannya, jenis tinta glitter sebenarnya kurang pas jika disebut sebagai tinta, karena terbuat dari campuran lem glitters dan serbuk glitter yang berkilau.  Dimana penggunaan glitter pada sablon akan memberikan efek gemerlap sesuai dengan jenis glitter yang Anda gunakan.

Untuk memberikan efek gemerlap, Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa perbedaan antara tipe crystalline, glitter, dan juga sugar glitter.  Pada crystalline, paling sering diaplikasikan untuk design gambar seperti bunga api yang berwarna-warni dengan dasar permukaan yang jelas.  Sedangkan pada glitter, paling sering dilakukan untuk satu warna meskipun tersedia juga untuk berbagai macam warna yang berbeda.  Adapun pada sugar glitter, paling sering diaplikasikan pada media perekat yang masih basah.

Pada dasarnya karakteristik sablon kaos dengan tinta sugar glitter hampir menyerupai sablon glow in the dark.  Hanya saja pada sugar glitter efek bersinarnya lebih ke arah mengkilap atau gemerlap, dimana hasil cetakan dengan tinta ini akan memberikan efek memantulkan cahaya yang menarik.  Jenis sablon ini akan sangat cocok jika diaplikasikan pada design gambar dengan warna yang mencolok.

Untuk jenis tinta glitter sendiri bisa dibedakan menjadi 2, yaitu tinta glitter dan vinyl glitter.  Biasanya vinyl glitter lebih direkomendasikan karena mampu memberikan hasil sablon yang lebih menarik.  Jenis sablon glitter juga bisa dikombinasikan dengan jenis tinta lainnya seperti rubber, plastisol, foam maupun pigmen.  Selain sering diaplikasikan untuk sablon kaos, tinta glitter juga banyak digunakan untuk aplikasi design pada topi maupun jaket.

Perlu diketahui bahwa di pasaran, Anda bisa menemukan beberapa jenis efek glitter yang cukup bervariasi, seperti glitter metalik, glitter hologram, glitter rainbow, glitter hexagon dll.  Jika Anda ingin mendapatkan kaos dengan efek gemerlap yang menarik, maka sablon sugar glitter bisa menjadi pilihan yang paling tepat.  Anda juga bisa menggunakan dua warna yang berbeda untuk design glitter yang unik.

Jenis tinta sugar glitter direkomendasikan untuk bahan 100% katun dan beberapa bahan campuran sintetis lainnya.  Namun untuk jenis kain spandex atau lycra dibutuhkan pengujian bahan terlebih dulu agar hasilnya tidak mengecewakan. Untuk menjaga kualitas sablon agar tidak mudah rusak, maka sebaiknya hindari penggunaan pemutih ketika mencucinya.  Sablon kaos dengan tinta glitter akan memberikan efek gemerlap yang awet jika Anda merawatnya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©12kaos.com | Newsphere by AF themes.
1
Halo kakak, ada yang bisa saya bantu?
Powered by