Mon. Jun 17th, 2019

12kaos

We care with your T-shirt Ideas

Sablon Kaos Glow in the Dark untuk Efek Bercahaya di Kegelapan

2 min read

Sablon kaos Glow in the Dark adalah teknik sablon menggunakan serbuk fosfor yang mampu menyerap dan memantulkan cahaya kembali, terutama di ruangan gelap.  Serbuk yang dapat memberikan efek fantastik menyala di ruangan gelap ini bisa dicampurkan ke dalam tinta waterbase maupun plastisol transparant.

Anda bisa mendapatkan efek warna yang lain dengan cara mencampurkan serbuk glow in the dark dengan pigmen pewarna maksimun 5% ke dalam tinta yang sudah bercampur serbuk.  Untuk pemilihan warna, saat ini telah tersedia beberapa warna serbuk glow in the dark namun dengan kualitas di bawah warna hijau.

Dalam penggunaannya untuk aplikasi sablon, serbuk glow in the dark bisa dicetak pada bagian tertentu dari design gambar yang ingin ditonjolkan.  Sehingga memberikan hasil sablon yang lebih menarik.

Jika Anda ingin membuat kaos dengan efek bercahaya di kegelapan, maka sablon glow in the dark bisa menjadi pilihan yang paling tepat.  Teknik sablon dengan serbuk glow in the dark ini bisa diaplikasikan pada kaos katun berwarna gelap atau putih.  Namun demikian, lebih disarankan untuk kaos hitam karena hasil sablon akan terlihat lebih bercahaya.

Hasil sablon menggunakan serbuk glow in the dark memiliki karakteristik yang agak tebal.  Jenis sablon dengan tinta ini juga membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah mengelupas.  Agar sablon lebih awet, tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci ketika mencucinya.  Mencuci secara manual lebih disarankan untuk menjaga kualitas sablon.

Pada dasarnya proses pencetakan glow in the dark sama dengan proses cetak manual lainnya.  Yang membedakan proses sablon manual dengan teknik glow in the dark adalah penambahan lapisan serbuk glow in the dark atau phosphoresent yang mampu memberikan efek bercahaya.  Adapun bahan yang diperlukan untuk sablon glow in the dark adalah rubber white, rubber clear, serbuk fosfor dan pigmen pewarna jika diperlukan.

Berikut ini adalah proses cetak menggunakan teknik sablon glow in the dark:

  1. Anda bisa memulainya dengan sablon underbase dulu untuk membantu memaksimalkan efek sablon glow in the dark. Anda bisa menggunakan tinta rubber white ataupun rubber mat terlebih dulu.  Sebaiknya warna tinta hampir menyerupai warna serbuk fosfor agar hasil sablon lebih maksimal.
  2. Campurkan serbuk fosfor glow in the dark dengan rubber clear, perbandingannya 1:3 atau sesuai selera Anda, kemudian aduk hingga tercampur rata. Untuk hasil sablon yang lebih bercahaya sebaiknya gunakan serbuk fosfor yang original.
  3. Aplikasikan di atas design sablon dengan menggunakan screen yang sama, dimana untuk lapisan fosfor berada pada lapisan luar dan bisa langsung terpapar cahaya. Sehingga nanti akan memberikan efek bercahaya ketika berada di kegelapan.
  4. Lakukan proses pengeringan dengan heatpress untuk mendapatkan hasil sablon glow in the dark yang lebih sempurna.

Jenis sablon glow in the dark juga bisa dikombinasikan dengan jenis sablon lainnya sehingga menghasilkan design gambar yang unik.  Untuk harganya sendiri, jenis glow in the dark relatif lebih mahal karena ada campuran bahan lainnya.

Salain cocok untuk kaos, sablon glow in the dark juga banyak diaplikasikan untuk jaket motor atau safety jacket karena keistimewaannya yang mampu bercahaya di kegelapan.  Sebagai salah satu variasi sablon yang mampu memberikan efek bercahaya, Anda bisa menggunakan kaos dengan aplikasi glow in the dark untuk tampil keren dan bergaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
1
Halo kakak, ada yang bisa saya bantu?
Powered by